Penerimaan ASN CPNS dan PPPK Dibuka Setiap 3 Bulan Mulai 2024? Benarkah?

penerimaan asn 2024

Pembukaan lowongan CPNS atau PPPK yang biasanya belum dipastikan dibuka setiap tahun, kini ada wacana baru mulai tahun 2024 pembukaan penerimaan ASN untuk CPNS dan PPPK akan dilakukan setiap 3 (tiga) bulan. Benarkah wacana ini?

Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2024 akan mengalami perubahan. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Azwar Anas mengatakan bahwa mulai tahun 2024 rekrutmen CPNS dan PPPK akan dilaksanakan setiap tiga bulan sekali. Seperti yang diketahui, seleksi CPNS dan PPPK biasanya diselenggarakan satu sampai dua tahun sekali.

“Transformasi rekrutmen dan jabatan Aparatur Sipil Negara (ASN), jadi ke depan rekrutmen tidak ritual dua atau satu tahunan karena tiap tiga bulan akan ada rekrutmen ASN,” kata Azwar Anas dikutip dari akun Instagram @disnakerja, Selasa, 12 Desember 2023.

Selain akan melaksanakan tiga bulan sekali, Azwar Anas sebelumnya menyampaikan akan melakukan rekrutmen besar-besaran.

Pada November lalu, Azwar Anas menyampaikan bahwa pihaknya sudah bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait rekrutmen CPNS dan PPPK 2024. Azwar Anas menyebut rekrutmen ASN tahun 2024 akan lebih banyak kuota untuk lulusan baru atau fresh graduate.

Sebelumnya, Azwar Anas sempat mengungkapkan bahwa dirinya kerap dibanjiri protes dari para lulusan baru.

“Kemarin setelah bertemu Presiden, kami melaporkan bagaimana komposisi terkait rekrutmen ASN 2024, termasuk besarnya fresh graduate yang selama 3 tahun tidak mendapatkan tempat yang cukup,” jelasnya.

Meski begitu, Azwar belum bisa memastikan berapa kuota yang disediakan untuk rekrutmen tahun depan. Namun, ia mengungkapkan seleksi tahun ini formasi yang disediakan hanya untuk sekitar 28.000 posisi. Azwar Anas memastikan pihaknya akan mengusulkan jumlah kuota untuk tahun depan dengan kisaran 100 ribu hingga 200 ribu posisi. Selain itu, Azwar Anas juga belum merincikan kapan seleksi CPNS dan PPPK 2024 akan dilaksanakan.

Sumber: ayojakarta.com (12/12/2023)

Posting Komentar