Talenta Digital Prioritas Penerimaan CPNS 2024, Apa itu Talenta Digital?


Penerimaan ASN Tahun 2024 untuk CPNS dan PPPK tetap diprioritaskan pada pemenuhan kebutuhan pelayanan dasar yakni tenaga guru dan tenaga kesehatan. Selain itu salah satu arah kebijakan penerimaan ASN Tahun 2024 adalah mengutamakan talenta-talenta digital.

Talenta digital adalah keterampilan dan kemampuan yang berkaitan dengan penggunaan teknologi dan platform digital dalam berbagai bidang yang meliputi digital business, digital marketing, digital development, advanced analytics, industri 4.0, serta new ways of working yakni posisi yang dapat menggunakan metode baru untuk bekerja sesuai dengan transformasi digital seperti robot engineer. 

Formasi CPNS 2023 bidang talenta digital menjadi salah satu formasi prioritas pada rekrutmen CPNS 2023, dan akan tetap menjadi prioritas pada penerimaan CPNS Tahun 2024 nanti. 

“Rekrutmen ASN diharapkan mengutamakan talenta-talenta digital. Arah rekrutmen ASN Talenta Digital untuk berfokus pada menciptakan nilai tambah ekonomi,” ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas di Jakarta diberitakan menpan.go.id, Kamis (14/12). 

Kebutuhan penerimaan CPNS Talenta Digital ini didasari Ketimpangan (gap) keterampilan digital di berbagai daerah pun masih menjadi isu dalam percepatan transformasi digital di Indonesia. Ketimpangan keterampilan sebagian besar ada di office atau computer operation. Padahal ketika berbicara tentang digital skill, kenyataannya adalah kemampuan programming dan kemampuan membangun solusi digital.

Lalu pendidikan atau jurusan apa saja yang termasuk bisa memenuhi formasi ASN talenta digital ini? Dikutip dari Tribun Gayo (16/06/23), berikut ini jurusan atau pendidikan yang termasuk pada talenta digital yang kemungkinan akan dibuka formasi CPNS talenta digital:
  • Jurusan Desain Komunikasi Visual;
  • Jurusan Sistem Informasi;
  • Jurusan Cyber Security;
  • Jurusan Teknologi Bisnis Digital;
  • Jurusan Teknologi Informasi, dan
  • Ilmu Komputer.
Jika kamu adalah seorang lulusan salah satu pendidikan diatas atau jurusan lain yang serumpun maka besar kemungkinan akan tersedia formasi CPNS yang menjadi prioritas penerimaan CPNS 2024 mengutamakan fresh graduate talenta digital.

Posting Komentar