Penerimaan CPNS 2024 Lulusan SLTA, Masih Ribuan Formasi?

Sudah ada wacana penerimaan CPSN tahun 2024 kembali akan dibuka pemerintah. Jumlah formasi ASN 2024 yang dibuka informasinya akan sampai jutaan termasuk CPNS dan PPPK. Khususnya untuk formasi CPNS, Salah satu yang paling banyak dicari adalah formasi CPNS lulusan SLTA sederajat SMA, SMK, atau Madrasah Aliyah dimana tidak banyak instansi yang membuka lowongan CPNS lulusa SLTA ini pada beberapa tahun terakhir penerimaan CPNS sementara lulusan SLTA sederajat sangat banyak yang bertambah setiap tahun.

Salah satu insatnsi yang selalu membuka lowongan CPNS lulusan SMA sederajat dengan jumlah cukup banyak adalah Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Seperti pembukaan CPNS Kemenkumham Tahun 2023 untuk lulusan SMA sederajat Kemenkumham menerima formasi CPNS SLTA Sederajat sebanyak 1.000 formasi untuk jabatan penjaga tahanan.

Selain Kemenkumham, Kejaksaan Agung (Kejagung) tahun 2023 juga membuka formasi CPNS lulusan SLTA sederajat dengan jumlah lebih banyak lagi dibanding Kemenkumham. Ada sebanyak 4.400 formasi CPNS untuk lulusan SLTA di Kejagung tahun 2023 untuk jabatan Pengelola Penanganan Perkara dan Penjaga Tahanan.

Tugas utama penjaga tahanan di Kemenkumham adalah melakukan kegiatan pengamanan terhadap warga binaan di lembaga pemasyarakatan (lapas) atau rumah tahanan (rutan). Penjaga tahanan Kemenkumham kerap disebut sipir penjara atau Polsuspas. Sementara penjaga tahanan di Kejaksaan bertugas untuk pengambilan tahanan dari tempat kejadian. Penjaga tahanan di Kejaksaan juga mengawal tahanan ke pusat tahanan, menghadirkan mereka ke pengadilan, serta melakukan manajemen dan pembinaan tahanan.

Untuk formasi CPNS Tahun 2024 lulusan SLTA untuk kedua instansi apakah masih membuka formasi CPNS SLTA sederajat dan apakah jumlahnya masih ribuan? Mari kita tunggu pengumuman resmi nya. Namun secara umum tidak seperti instansi lain, hanya di Kemenkumham setiap ada penerimaan CPNS selalu membuka formasi lulusan SLTA sederajat. Ini menjadi kesempatan bagi yang ingin masuk CPNS melalui jalur SLTA sederajat untuk mempesiapkan diri.

Posting Komentar