Penerimaan CPNS Kemenkumham 2024, Ada Lowongan SLTA?

Memasuki tahun 2024 informasi penerimaan CPNS dan PPPK menjadi satu topik hangat, dimana penerimaan CPNS dan PPPK Tahun 2024 akan tetap dibuka dengan jumlah formasi jutaan seperti sudah diberitakan berbagai media online.

Salah satu instansi yang paling banyak diminati setiap ada penerimaan CPNS salah satunya adalah penerimaan CPNS Kemenkumham. Penerimaan CPNS Kemenkumham banyak dicari karena salah satu instansi yang selalu membuka lowongan CPNS SLTA sederajat khususnya untuk jabatan penjaga tahanan.

Bagaimana dengan penerimaan CPNS Kemenkumham 2024? Apakah kemenkumham masih membuka lowongan CPNS untuk SLTA ini?

Meski arah kebijakan penerimaan CPNS 2024 adalah untuk mengisi formasi tenaga kesehatan dan guru serta talenta digital lulusan fresh graduate namun ada kmungkinan penerimaan lulusan SLTA di Kemenkumham Tahun 2024 akan tetap dibuka mengingat kebutuhan tenaga penjaga tahanan masih cukup banyak.

Seperti pernah diberitakan merdeka.com tahun 2022 lalu, Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej mengakui jika Indonesia diperkirakan masih kekurangan sekitar 19.000 personel penjaga di lembaga pemasyarakatan (Lapas). Sementara pada tahun 2023 dibuka formasi CPNS penjaga tahanan ini hanya sebanyak 1.000 formasi untuk seluruh kanwil Kemenkumham. Kemenkumham menyediakan 1000 kuota untuk penjaga tahanan CPNS 2023, dengan rincian formasi pria umum sebanyak 941 orang, formasi wanita umum 50 orang, formasi pria Papua 6 orang, dan formasi pria Papua Barat 3 orang.

Selain itu Kemenkumham juga menerima PPPK Tahun 2023. Kuota penerimaan PPPK Kemenkumham yang diterima tahun lalu adalah sebanyak 1563. Kebutuhan ini terbagi dalam 1.135 formasi khusus, 397 formasi umum, dan 31 formasi disabilitas.

Jadi masih banyak kebutuhan formasi mengisi jabatan penjaga rutan ini memperhatikan total kebutuhan ideal sebanyak 19.000 formasi sehingga kemungkinan besar penerimaan CPNS Kemenkumham Tahun 2024 untuk lulusan SLTA ini masih tetap akan dibuka. Namun kepastian formasi apa saja yang akan dibuka Kemenkumham pada penerimaan CPNS 2024 akan kita ketahui saat sudah diterbitkan pengumuman penerimaan CPNS resmi nantinya.

Posting Komentar