Cara Membuat Link Bukti Dukung SKP eKinerja, Bisa Pakai Google Drive

Membuat Link Bukti Dukung eKinerja

Saat ini masih tahap pengisian eKinerja BKN khsusnya untuk periode final periode penilaian 1 Januari s/d 31 Desember 2023 untuk seluruh ASN di Indonesia yang telah menggunakan aplikasi eKinerja SKP BKN di kinerja.bkn.go.id. Salah satu pertanyaan banyak teman-teman ASN adalah bagaimana cara membuat link bukti dukung SKP eKinerja sebagai media penyimpanan bukti dukung hasil kerja yang dilaporkan pada aplikasi eKinerja BKN untuk pembuatan SKP tahun 2023.

Sebenarnya Cara Membuat Link Bukti Dukung eKinerja cukup mudah. Anda bisa menggunakan layananan penyimpanan dokumen online apa saja yang bisa menyimpan dokumen yang dijadikan sebagai link bukti dukung untuk dimasukkan pada aplikasi seperti tampilan gambar di atas. Anda bisa menggunakan link bukti dukung yang bebas disesuaikan dengan jenis indikator kinerja dengan hasil kerja yang sesuai. Link bukti dukukung ekinerja bisa menggunakan media seperti Google Drive, Dropbox, link berita, atau link webiste lainnya tergantung bukti dukung yang diperlukan.

Misalnya tugas anda adalah sebagai admin website instansi dimana pengetikan artikel berita online pada website instansi yang anda kelola merupakan salah satu hasil kerjanya, maka link berita atau feed webiste yang anda buat di website instansi tersebut bisa dijadikan sebagai bukti dukung hasil kerja anda.

Caranya cukup masukkan nama bukti dukung dan link nya pada kolom seperti pada gambar di atas lalu klik OK. Sebagai contoh sesuai kasus di atas pada kolom Nama Bukti dukung ketikkan: Feed Artikel Website dan pada kolom bukti dukung masukkan alamat feed web instansi yang berisi artikel-artikel yang anda buat selama periode tertentu misalnya dengan format link: https://webisteinstansi.go.id/feed.

Namun jika bukti dukung SKP yang diperlukan berupa dokumen, anda bisa melakukan upload dahulu dokumen tersebut ke media penyimpanan seperti google drive. Langkah pertama lakukan scan terhadap dokumen yang diperlukan lalu file hasil scan di upload ke google drive. Kemudian setelah di upload buka dokumen tersebut dan copy link menuju halaman tersebut untuk dijadikan sebagai link bukti dukung pada aplikasi eKinerja anda.

Cara membuatnya di google drive cukup mudah, anda hanya perlu sebuah akun gmail lalu buka dan login ke alamat https://drive.google.com/ melalui browser internet maka halaman Google Drive akan terbuka. Setelah terbuka sebaiknya anda membuat folder khusus untuk folder dokumen SKP ekinerja dengan mengklik +Baru seperti gambar ini:

membuat link bukti dukung ekinerja google drive

Beri nama folder misalnya "Dokumen eKinerja" dan buat sub folder misalnya nama tahun, karena link ini akan selalu diperlukan di periode mendatang maka nama folder yang rapi akan memudahkan anda mengelola dokumen ekinerja kedepannya.

Terakhir, silahkan anda menguload dokumen yang diperlukan ke folder tersebut lalu klik kanan nama folder atau nama file lalu bagikan link dan copy link untuk dimasukkan ke aplikasi SKP ekinerja seperti dijelaskan diatas.

Semoga membantu!

Posting Komentar